Home » Curriculum Structure

Curriculum Structure

Semester Kode Mata Kuliah SKS
1 HUH1X2 Pendidikan Agama dan Etika 2
LUH1A2 Bahasa Indonesia 2
SMH1F3 Matematika Teknik 3
SMH1B3 Rekayasa Perangkat Lunak 3
SMH1C4 Algoritma dan Struktur Data 4
SMH1D3 Visualisasi dan Animasi 2D (adobe) 3
SMH1E2 Pengantar Multimedia 2
2 LUH1B2 Bahasa Inggris 1 (general English) 2
DUH1E2 Literasi TIK 2
SMH2F3 Matematika Diskrit 3
SMH2G3 Pemrograman Berorientasi Objek 3
SMH2H3 Grafika dan Citra komputer 3
SMH2I3 Visualisasi dan Animasi 3D 3
SMH2J2 Interaksi Manusia dan Komputer 2
3 SMH3A2 Bahasa Inggris 2 (speaking) 2
SMH3B3 Teknologi Multimedia 3
SMH3C3 Logika Matematika 3
SMH3D3 Pemrograman Berbasis web 3
SMH3E3 Perangkat Keras dan Jaringan Komputer 3
SMH3F4 Basis Data 4
SMH3G2 Project multimedia 1 2
4 SMH4A2 Pendidikan Jasmani 2
SMH4B2 Pengantar Sistem Operasi 2
SMH4C3 Probabilitas dan statistika 3
SMH4D4 Pemrograman game (unity) 4
SMH4E4 Analisis dan Perancangan Sistem Multimedia 4
SMH4F3 Pengujian Perangkat Lunak 3
SMH4H2 Pengantar Gamifikasi 2
5 SMH5I2 Bahasa Inggris 3 (reading ) 2
SMH5K2 Kerja Praktek 2
SMH5G3 Project Multimedia 2 3
SMH5A3 Pemrograman Game Lanjut 4
SMH5B3 Kecerdasan Buatan 3
SMH5C3 User Interaction Design 3
SMH5D3 Pengolahan sinyal audio dan video 3
6 SMH6A2 Profesional Development 2
SMH6B3 Bahasa Inggris 4 (writing and presentation) 3
SMH6C3 Multimedia Embeded System 4
SMH6D3 Manajemen Proyek Multimedia 3
SMH6E2 Metodologi Peneltian 2
SMH6F3 Teknologi Web (rich internet aplication) 3
SMH6G3 Realitas sistem 3
7 SMH7A2 Technopreuneurship 2
HUH1G3 Pancasila dan Kewarganegaraan 3
SMH7H4 Pemrograman Perangkat Bergerak 4
SMH7I2 Pengantar Cloud Computing 2
SMH7K4 Project Multimedia 3 4
8 SMH8T6 Tugas Akhir 6
SMH8M6 Magang 6

Profil Lulusan

Program studi D4 Sistem Multimedia, maka diharapkan profil lulusan memiliki keahlian dibidang pengembangan teknologi multimedia, konten multimedia, media distribusi konten multimedia (baik jaringan kabel maupun nirkabel) serta pengukuran terhadap system multimedia yang dibuat. Hasil akhir dari keahlian dan kompentensi lulusan dibuat berdasarkan 3 (tiga) acuan utama yaitu profil program studi, ciri khas Fakultas Ilmu Terapan dan kebutuhan industri. Lulusan program studi D4 Sistem Multimedia diharapkan memiliki keahlian dalam pengembangan teknologi multimedia interaktif dan pengembangan Games yang disertai media untuk mendistribusikan konten dan pengukuran terhadap produk yang dibuat. Spesifikasi profil lulusan untuk memenuhi kebutuhan tersebut diantaranya,

  1. Memiliki keahlian design dan animasi 2D/3D
  2. Memiliki penguasaan dalam penggunaan perangkat Multimedia
  3. Memiliki keahlian tentang penguasaan teknologi Multimedia interaktif
  4. Memiliki keahlian pembangunan Games
  5. Memiliki kemampuan untuk mengukur sistem multimedia yang dibuat sehingga dapat memberikan produk yang maksimal.
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik serta memiliki integritas dan semangat kerja keras